Install Modem smartfren Haier ce682 dengan wvdial

Dalam artikel ini, sebelum dapat memulai untuk menggunakan modem smartfren Haier CE682 di Linux Debian Squeeze, kita membutuhkan software wvdial yang bisa kita install dengan perintah apt-get install. Agar mendapat versi yang lebih baru, kita update dulu repository kita dengan perintah apt-get update, dan jangan lupa pake sudo jika bukan sebagai user root :


Dan sekarang kita install wvdialnya :

Setelah selesai praproses diatas, silahkan di tancap itu smartfren Haier CE682nya ke usb, setelah itu gunakan perintah dmesg untuk melihat hasil deteksi dari Linux Debian Squeeze ini.

Dan perhatikan pesan yang mirip – mirip seperti ini :

sr1: scsi-1 drive

sr1 ini bisa dikatakan nama drivenya, dan merupakan deteksi pertama sebagai CD-ROM dan scsi-1 ini adalah jenis CD-ROMnya. Tapi yang perlu diperhatikan adalah sr1, karena dapat berubah-ubah dari sr0, sr2,sr3 dan seterusnya. Setelah kita mengetahui nama drivenya kita bisa eject drivenya dengan perintah eject :

Jangan khawatir jikalau tidak mendapat tampilan apapun ketika kita eject CD-ROMnya, untuk itu kita lihat lagi hasilnya perintah ejectnya dengan perintah dmesg lagi :

Sekarang CD-ROMnya telah berubah menjadi flashdisk yang kalo sudah disematkan memory cardnya, maka ada data – data disitu. Ini hanya sebagai informasi saja, yang sebenarnya kita butuhkan adalah kode vendor dan productnya, yang nantinya kita butuhkan untuk menghubungkan Linux Debian Squeeze kita dengan usb-serial modem ini. Dan untuk mendapatkan kode vendor dan productnya kita dapat memberikan perintah kepada si Debian dengan perintah lsusb :

Dari hasil keluaran diatas yang perlu diperhatikan adalah perangkat keras yang tidak memiliki nama seperti Textech International Ltd. Mini Optical Mouse dan Linux Foundation 1.1 root hub. Tetapi jika anda temukan lebih dari perangkat keras tanpa nama, coba copot dulu perangkat keras usb lainnya, untuk memastikan itu kode perangkat keras modem anda.

Setelah dapat dipastikan bahwa Bus 002 Device 005: ID 201e:1022 sebagai satu – satunya yang tidak memiliki nama perangkat keras, silahkan catat atau cukup diingat kode bagian yang seperti ini 201e:1022. 201e adalah kode vendor perangkat keras, 1022 merupakan kode product perangkat keras.

Informasi yang cukup sudah kita peroleh, sekarang smartfren Haier CE682 milik kita bisa terhubung dengan Linux Debian Squeeze kita sebagai usb-serial dengan perintah modprobe. :

Jika tidak ada pesan error, bisa lanjutkan dengan perintah wvdialconf untuk mendeteksi keberadaan modem kita di system, dan membuat konfigurasi dasar untuk modem :

Seandainya tidak ada masalah, maka sebuah file konfigurasi dengan path /etc/wvdial.conf akan dibuat, atau jika sudah ada akan di update. Selanjutnya bisa mulai untuk berhubungan dengan Maya, maksudnya internetan(dunia maya) dengan perintah wvdial :

Kalau tidak menggunakan desktop manager seperti KDE atau Gnome alias Text Based console, bisa gunakan ALT+F2 atau F3, F4 dst… untuk berpindah ke console lainnya, login dan gunakan perintah links, lynk, w3m dll… untuk browsing.

Terima kasih sudah membaca blog ini, Epiode ini telah selesai :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>